Kewirausahaan dan Lingkungan Global
Beberapa
hal yang diperhatikan leh wirausahawan Inndonesia, baik yang bergerak
dalam aktivitas lokal maupun lobal, adalah terjadinya berbagai
perubahan yang dipicu oleh perkembangan teknologi yang mencakup hal-hal
sebagai berikut :
1. Produk-produk baru yang dilempar ke pasar oleh pesaing
2. Perkembangan teknologi dan informasi
3. Perkembangan teknologi barang substitusi
4. Berbagai penemuan baru
5. Adaptasi teknologi yang siap pakai
6. Strategi perkembangan teknologi nasional
7. Biaya
penelitian dan pengembangan (research and development-R&D) oleh
perusahaan pesaing atau perusahaan-perusahaan dalam satu industri
8. Siklus hidup produk (product life cycle)
9. Terobosan-terobosan yang dapat meningkatkan produktivitas yang lebih baik di bidang input, pengolahan, dan pemasaran
10. Berbagai ramalan pengembangan teknologi di masa depan
Kewirausahaan sebagai Pemicu Perekonomian Negara
Kontribusi
sektor swasta yang diberikan oleh perusahaan besar maupun UKM dalam
pembangunan ekonomi suatu negara sudah tidak bisa diasingkan lagi.
Terdapat empat keunggulan yang dimiliki wirausahawan dalam mendukung
perekonomia negara, yaitu mendorong pertumbuhan ekonomi, meningkatkan
produktivitas, menciptakan teknologi, produk dan jasa baru, serta
menciptakan perubahan dan kompetisi.
Wirausahawan
melakukan berbagai kegiatan sebagai upaya untuk memicu pertumbuhan
ekonomi sekaligus memengaruhi kehidupan sosial-ekonomi masyarakat:
1. Menciptakan lapangan pekerjaan
2. Meningkatkan kualitas hidup
3. Menigkatkan pemerataan pendapatan
4. Memanfaatkan dan memobilisasi sumber daya untuk meningkatkan produktivitas nasional
5. Meningkatkan penerimaan pemerintah melalui pajak
Kebersamaan, Etika, dan Tanggung Jawab Sosial Kewirausahaan
Kebersamaan merupakan
keselarasan hubungan dan komunikasi yang baik antara pihak
pengusahadengan pihak internal dan eksternal organisasi dengan prinsip
saling menguntungkan.
Etika merupakan
cara menyampaikan ungkapan-ungkapan yang emnyangkut perilaku,
perbuatan, dan sikap manusia terhadap peristiwa-peristiwa yang dianggap
penting dalam hidupnya.
Tanggung Jawab Sosial merupakan
kewajiban perusahaan untuk merumuskan kebijakan, mengambil keputusan,
dan melaksanakan tindakan yag memberikan manfaat kepada masyarakat.
o Kebersamaan dan Kejujuran
Kunci
utama keberhasilan dalam usaha yaitu kejujuran dan kedermawanan. Karna
berbisnis atau berdagang pada dasarnya adalah tolong-menolong. Maka
dalam berbisnis jangan sampai ada orang yang dirugikan.
o Kebersamaan dan Etika Bisnis
Kebersamaan
dan etika bisnis merupakan salah satu kunci pokok kerberhasilan
kewirausahaan. Dengan menerapkan kebersamaan secara total (internal dan
eksternal perusahaan) maka kegiatan usaha akan mendapatkan dukungan dan
keterlibatan berbagai pihak yang terkait.
o Asas Etika Bisnis yang Sehat
Etika
bisnis yang baik dan sehat mencerminkan kualitas dan citra serta
hubungan yang sehat dengan pihak eksternal. Beberapa pedoman sebagai
dasar berpikir dan bertindak dalam penerapan etika bisnis ynag sehat,
antara lain :
a. Selalu menajag kualitas produk dan jasa pada pelanggan melalui kewajaran dan keterbukaan.
b. Kebersamaan dengan unsur internal dan menghindari kesan bahwa perusahaan mengekploitasi karyawan secara tidak manusiawi.
c. Kebersamaan dengan lingkungan dalam menjaga kelestarian dan menghindari polusi yang mengganggu masyarakat.
d. Dalam
proses bisnis atau transaksi usaha, selalu didukung dengan upaya
penghayatan nilai dn norma bisnis serta kebiasaan atau esensi dunia
usaha yang berlaku.
e. Menghindari cara-cara yang tidka etis dalam persaingan bisnis dengan tidk menggunakan isu, fitnah, dan perilaku negatif.
o Tanggung Jawab Sosial Kewirausahaan
Dengan
menerapkan tanggung jawab sosial maka perusahan akan mendapat banyak
keuntungan jangka panjang. Beberapa bentuk pertanggungjawaba sosial
wirausahawan tersebut dirumuskan sebagai berikut :
1. Tanggung jawab terhadap lingkungan, di mana wirausahawan harus selalu menjaga kelestarian lingkungan.
2. Tanggung jawab terhadap karyawan, dengan selalu mendengarkan ususlan dn pendapat karyawan.
3. Tanggung jawab terhadap pelanggan, menyediakan barang dan jasa yang berkualitas, memberikan harga yang wajar.
4. Tanggung jawab terhadap investor, dengan kesanggupan mengembalikan investasi yang cukup menarik.
5. Tanggung
jawab terhadap masyarakat sekitar, seperti menyediakan atau membuka
lapangan kerja dan menjaga situasi lingkungan yang sehat di sekitar
perusahaan tersebut berada.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar