Kamis, 31 Mei 2012

KEWIRAUSAHAAN DAN LINGKUNGAN

Kewirausahaan dan Lingkungan Global
Beberapa hal yang diperhatikan leh wirausahawan Inndonesia, baik yang bergerak dalam aktivitas lokal maupun lobal, adalah terjadinya berbagai perubahan yang dipicu oleh perkembangan teknologi yang mencakup hal-hal sebagai berikut :
1.    Produk-produk baru yang dilempar ke pasar oleh pesaing
2.    Perkembangan teknologi dan informasi
3.    Perkembangan teknologi barang substitusi
4.    Berbagai penemuan baru
5.    Adaptasi teknologi yang siap pakai
6.    Strategi perkembangan teknologi nasional
7.    Biaya penelitian dan pengembangan (research and development-R&D) oleh perusahaan pesaing atau perusahaan-perusahaan dalam satu industri
8.    Siklus hidup produk (product life cycle)
9.    Terobosan-terobosan yang dapat meningkatkan produktivitas yang lebih baik di bidang input, pengolahan, dan pemasaran
10. Berbagai ramalan pengembangan teknologi di masa depan

Kewirausahaan sebagai Pemicu Perekonomian Negara
Kontribusi sektor swasta yang diberikan oleh perusahaan besar maupun UKM dalam pembangunan ekonomi suatu negara sudah tidak bisa diasingkan lagi. Terdapat empat keunggulan yang dimiliki wirausahawan dalam mendukung perekonomia negara, yaitu mendorong pertumbuhan ekonomi, meningkatkan produktivitas, menciptakan teknologi, produk dan jasa baru, serta menciptakan perubahan dan kompetisi.
Wirausahawan melakukan berbagai kegiatan sebagai upaya untuk memicu pertumbuhan ekonomi sekaligus memengaruhi kehidupan sosial-ekonomi masyarakat:
1.    Menciptakan lapangan pekerjaan
2.    Meningkatkan kualitas hidup
3.    Menigkatkan pemerataan pendapatan
4. Memanfaatkan dan memobilisasi sumber daya untuk meningkatkan produktivitas nasional
5.    Meningkatkan penerimaan pemerintah melalui pajak
Kebersamaan, Etika, dan Tanggung Jawab Sosial Kewirausahaan
Kebersamaan merupakan keselarasan hubungan dan komunikasi yang baik antara pihak pengusahadengan pihak internal dan eksternal organisasi dengan prinsip saling menguntungkan.
Etika merupakan cara menyampaikan ungkapan-ungkapan yang emnyangkut perilaku, perbuatan, dan sikap manusia terhadap peristiwa-peristiwa yang dianggap penting dalam hidupnya.
Tanggung Jawab Sosial merupakan kewajiban perusahaan untuk merumuskan kebijakan, mengambil keputusan, dan melaksanakan tindakan yag memberikan manfaat kepada masyarakat.
o   Kebersamaan dan Kejujuran
Kunci utama keberhasilan dalam usaha yaitu kejujuran dan kedermawanan. Karna berbisnis atau berdagang pada dasarnya adalah tolong-menolong. Maka dalam berbisnis jangan sampai ada orang yang dirugikan.
o   Kebersamaan dan Etika Bisnis
Kebersamaan dan etika bisnis merupakan salah satu kunci pokok kerberhasilan kewirausahaan. Dengan menerapkan kebersamaan secara total (internal dan eksternal perusahaan) maka kegiatan usaha akan mendapatkan dukungan dan keterlibatan berbagai pihak yang terkait.
o   Asas Etika Bisnis yang Sehat
Etika bisnis yang baik dan sehat mencerminkan kualitas dan citra serta hubungan yang sehat dengan pihak eksternal. Beberapa pedoman sebagai dasar berpikir dan bertindak dalam penerapan etika bisnis ynag sehat, antara lain :
a.    Selalu menajag kualitas produk dan jasa pada pelanggan melalui kewajaran dan keterbukaan.
b.    Kebersamaan dengan unsur internal dan menghindari kesan bahwa perusahaan mengekploitasi karyawan secara tidak manusiawi.
c.    Kebersamaan dengan lingkungan dalam menjaga kelestarian dan menghindari polusi yang mengganggu masyarakat.
d.   Dalam proses bisnis atau transaksi usaha, selalu didukung dengan upaya penghayatan nilai dn norma bisnis serta kebiasaan atau esensi dunia usaha yang berlaku.
e.    Menghindari cara-cara yang tidka etis dalam persaingan bisnis dengan tidk menggunakan isu, fitnah, dan perilaku negatif.
o   Tanggung Jawab Sosial Kewirausahaan
Dengan menerapkan tanggung jawab sosial maka perusahan akan mendapat banyak keuntungan jangka panjang. Beberapa bentuk pertanggungjawaba sosial wirausahawan tersebut dirumuskan sebagai berikut :
1.    Tanggung jawab terhadap lingkungan, di mana wirausahawan harus selalu menjaga kelestarian lingkungan.
2.    Tanggung jawab terhadap karyawan, dengan selalu mendengarkan ususlan dn pendapat karyawan.
3.    Tanggung jawab terhadap pelanggan, menyediakan barang dan jasa yang berkualitas, memberikan harga yang wajar.
4.   Tanggung jawab terhadap investor, dengan kesanggupan mengembalikan investasi yang cukup menarik.
5.    Tanggung jawab terhadap masyarakat sekitar, seperti menyediakan atau membuka lapangan kerja dan menjaga situasi lingkungan yang sehat di sekitar perusahaan tersebut berada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar