Kamis, 31 Mei 2012

MERANCANG STRATEGI PEMASARAN

Pemasaran
Pemasaran bertitik tolak dengan kebutuhan pembeli yang belum terpenuhi yang berkaitan dengan barang, harga, kualitas dan sebagainya. Anda dapat dikatakan berhasil dalam melakukan upaya pemasaran apabila telah melakukan upaya sebagai berikut:
1. pembeli melakukan pembelian ulang
2. pembeli merekomendasikan produk ke orang lain

Untuk mendapatkan hasil pemasaran yang sesuai maka secara umum dapat dilakukan proses pemasaran sebagai berikut:
    1.       Pengenalan pasar
    2.       Strategi pemasaran
    3.       Bauran pemasaran
    4.       Evaluasi pemasaran

Pengenalan pasar
Adalah upaya untuk mengetahui jumlah karakteristik dan sifat sebuah pasar. Hasil pengenalan pasar dapat saja sangat sederhana, mungkin berupa permintaan berupa barang atau jasa dengan syarat khusus oleh kelompok orang tertentu.

Dibawah ini beberapa teknik dalam pengenalan pasar:

1. mengelompokan pasar
Beberapa pengelompokan pembeli yang dapat dilakukan antara lain berdasarkan:
a. lokasi tempat tinggal

b. jenis kelompok
c. demogravis
d. psikologis
e. jumlah yang dibeli

2. masa peredaran barang atau jasa
Apabila mnengetahui masa peredaran barang atau jasa kita akan:
a. mempercepat atau memperlambat tahapan tahapan
b. mengetahui masa edar atau siklus hidup yang dimiliki
c. mengetahui layak atau tidaknya masuk dalam usaha baru

3. analisis SWOT
Analisis ini sangat penting untuk mengetahui posis usaha yang dijalankan. SWOT adalah Strenght  (kekuatan) Weakness (kelemahan) Opportunity (peluang) dan Threats (ancaman).

Menentukan strategi pemasaran
1. menembus pasar
Uapaya praktis yang dapat dilakukan antara lain
a. meningkatkan unit penjualan membuat barang atau jasa yang lebih banyak
b. menambah lokasi dan staff penjualan agar menjangkau jumlah pembeli yang lebih banyak
c. meningkatkan periklanan
d. menambah barang atau jasa dengan melakukan program cuci gudang untuk barang yang sudah lama
e. melakukan promosi penjualan seperti hadiah, diskon, dll
f. meningkatkan pengenalan merek dengan publisitas, penelitian, dan sejisnya
g. meningkatkan promosi dan iklan melalui media
h. menurunkan harga dengan memberikan penawaran khusus

2. mengembangkan pasar
Dilakukan apabila sasaran opembeli yang lama sudah jenuh atau habis sehingga perlu mencari saasaran pembeli baru dengan tetap menawarkan barang atau jasa yang lain contoihnya dengan menambah cabang ditempat berbeda

3. mengembangkan produk

4. malakukan diversivikasi
5. meneta0pkan biaya murah
6. memfokuskan pasar
7. melakukan diferensiasi

Menyusun rencana pemasarana
Rencana pemasaran dapat disusun dengan mempertimbangkan beberapa hal berikut:
1. gambarkan usaha yang akan anda jalankan seperti bidang apa, manfaat barang yang ditawarkan, siapa sasaran pembeli yang hendak dituju
2. momosisikan produk
3. Menetapkan visi dan misi yang harus dibuat sesederhana mungkin
4. menetapkan jangka waktu pemasaran dan tujuan dari pemasaran
5. melakukan analisis SWOT
6. memilih strategi yang tepat disesuaikan dengan hasil analisis SWOT yang telah dilakukan sebelumnya
7. menetapkan alat pemasaran
8. membuat bagan rencana pelaksanaan pemasaran
9. menentukan ukuran keberhasilan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar